Laksanakan Upacara Hari Pahlawan, Kalapas Makassar Ajak Renungkan Para Pahlawan

Makassar – Menghormati jasa-jasa para pahlawan yang telah mendahului penerus bangsa demi memperjuangkan kemerdekaan Republik Indonesia. Untuk mengenang peringatan Hari Pahlawan ini yang jatuh setiap 10 November dilaksanakan Upacara Pengibaran Bendera.

Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas I Makassar turut serta mengikuti kegiatan Upacara Pengibaran Bendera Merah Putih Hari Pahlawan ke-78 ini (10/11/23), yang diperingati dengan mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan”.

Tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata. Kepala Lapas Kelas I Makassar, Teguh Pamuji selaku inspektur upacara pada kesempatan ini mengajak seluruh warga binaan dan pegawai mengenang jasa pahlawan yang telah gugur dengan mendengarkan sirene selama 60 detik.

Teguh Pamuji juga menyampaikan amanat Menteri Sosial Republik Indonesia, “Pahlawan adalah orang yang menonjol karena keberanian dan pengorbanannya dalam membela kebenaran serta mengutamakan kepentingan Bangsa dan Negara di atas kepentingan kelompok dan atau diri sendiri.

Para Pahlawan telah mengajarkan
kepada kita bahwa: kita bukan bangsa
pecundang. Kita tidak akan pernah rela untuk
bersimpuh dan menyerah kalah. Sebesar
apapun ancaman dan tantangan akan kita
hadapi. Dengan tangan mengepal dan dada
menggelora.” Dalam amanatnya

Teguh juga mengajak seluruh para penerus bangsa untuk tetap semangat dan menolak kalah untuk membela bangsa Indonesia. “Semangat yang berasal dari nilai perjuangan Pahlawan Bangsa di tahun 1945. Semangat yang membawa kita menolak kalah dan menyerah pada keadaan. Menyatukan kita dalam upaya mewujudkan kehidupan kebangsaan yang bersatu, berdaulat, adil dan makmur” ungkap Teguh.(*)

Lowongan Wartawan
blank
Search