Koramil Kotabunan Siapkan Kampung Pancasila di Desa Dodap, Masyarakat Mendukung Penuh

BOLTIM – Kampung Pancasila merupakan julukan untuk desa yang dijadikan contoh untuk penerapan nilai-nilai Pancasila yang dilaksanakan melalui tiga tahapan, yakni interpretasi, internalisasi, dan aktualisasi Pancasila. Sedangkan proses pelaksanaannya mencakup bidang sosial dan budaya.

Guna menyiapkan kampung Pancasila,

BOLTIM – Koramil 1303-05/Kotabunan bersama masyarakat melakukan kerja bakti persiapan pencanangan kampung Pancasila di Desa Dodap, Kecamatan Tutuyan, Bolaang Mongondow Timur (Boltim), Selasa (9/1/2024)

Kerja bakti TNI bersama masyarakat adalah cara membangun kemanunggalan TNI dalam kebersamaan membangun ideologi Pancasila.

Kampung Pancasila sebagai tempat warga binaan untuk menerapkan nilai-nilai Pancasila secara nyata.

Danramil 1303-05/Kotabunan, Peltu Junil Tehalu menjelaskan, kampung pancasila ini bertujuan untuk menjaga kemanunggalan dalam kebersamaan antara TNI dan warga, dengan cara melaksanakan bersih-bersih lingkungan dan juga membantu pembuatan fasilitas umum di Desa Dodap.

“Melalui gotong royong ini kita jadikan sebagai ajang silaturahmi dan memupuk kekompakan seluruh masyarakat dalam setiap kegiatan yang diadakan sehingga pembentukan Kampung Pancasila yang diharapkan oleh Komando atas dapat terlaksana dengan baik,” katanya.

Danramil menambahkan, Desa Dodap ini memiliki kehidupan sosial kemasyarakatan yang begitu beragam dimulai dari penganut agama, kesenian dan budaya yang juga beraneka ragam. Jadi semua penuh perbedaan karena perbedaan itu penting tetapi bukan berarti kita bermusuhan akan tetapi dengan perbedaan tersebut kita harus bersatu dan lebih rukun karena kita merupakan warga negara Indonesia yang terbingkai dengan Bhineka Tunggal Ika.

“Saya ucapkan terima kasih kepada warga Desa Dodap yang telah mendukung penuh kegiatan ini, terutama untuk Kepala Desa Dodap Bapak Jefri K. Arodaa bersama perangkatnya atas semangat gotong royong sehingga penyiapan pencanangan kampung Pancasila dapat berjalan dengan baik dan penuh dengan kebersamaan TNI dengan Masyarakat,” pungkas Danramil.(Olam)

 

 

The post Koramil Kotabunan Siapkan Kampung Pancasila di Desa Dodap, Masyarakat Mendukung Penuh appeared first on KUASA.NET.

Lowongan Wartawan
blank
Search